Riset keyword dengan semrush

Ruzdee.com – Untuk apa riset keyword? atau, bagaimana  cara riset keyword? Pertanyaan ini yang sering saya terima, banyak cara untuk riset keyword. Sudah lama saya mengenal riset keyword, namun baru beberapa bulan ini saya serius untuk meriset keyword untuk mengelola blog saya.

Bila dahulu saya tutup mata, artinya, silahkan penulis saya untuk membuat artikel sesuka hati asal sesuai dengan niche(tema) di blog saya, namun kali ini saya mencoba untuk meriset keyword, dan hasilnya cukup memuaskan. Apabila dahulu tanpa riset keyword untuk mendapatkan visitor 1000/day dibutuhkan waktu minimal 3 bulan, setelah saya melakukan riset, dalam waktu 1 bulan saja visitor sudah menyentuh 1000/hari.

Namun tepat tanggal 21 juli kemarin, blog saya kena deindex, kok bisa? saya sendiri tidak tahu penyebabnya, karena saya tidak menggunakan google webmaster untuk memantau kinerja blog saya, untuk kali ini saya menggunakan google webmaster dan beberapa perubahan di blog saya, apabila hasilnya bagus, akan saya tulis reportnya di blog ini.

Kembali ke riset keyword, banyak tools yang saya gunakan, dari google keyword tools(GKT), Stealth Keyword Digger, dan Semrush, mungkin hanya GKT yang gratis, namun dari hasilnya, semrush menduduki peringkat pertama untuk tools mencari keyword, karena data yang ditampilan lebih lengkap.

Keterangan:

1. Kita dapat mencari dari negara mana saja, sesuai dengan target blog, sayangnya untuk indonesia belum support

2. Terlihat dari keyword tersebut berapa nilai CPC atau nilai klik iklan bila masuk menggunakan keyword tersebut, Number of result yaitu berapa banyak index yang ada di google.

3. Trends untuk melihat kecenderungan keyword tersebut di cari oleh orang, apakah naik atau turun.

4. Volume untuk melihat seberapa banyak orang mencari keyword tersebut dalam satu bulan.

5.  CPC untuk melihat nilai keyword.

6. Result sama halnya seperti number of result.

Selain pilihan keyword yang hasil pencariannya sama, ada pilihan keyword yang berhubungan(related), bahkan kita bisa melihat keyword yang masuk dari blog/website yang memiliki atau menarget keyword serupa. Seperti gambar berikut:

Walau untuk menikmati fasilitas semrush sedikit agak mahal yaitu $69.95/bulan namun hasilnya sesuai dengan harganya, untuk mengakali harganya yang selangit, bisa untuk arisan atau urunan rame2 membelinya, misal 30-50 orang, karena pada dasarnya tidak dibatasi berapa jumlah  orang, namun dibatasi jumlah qury pencarian sebanyak 10.000 query atau permintaan pencarian setiap harinya, namun yang sangat disayangkan semrush tidak dapat digunakan untuk login lebih dari 1 ip secara bersama-sama, sehingga harus gantian untuk menggunakannya.

Saya menemukan video menarik tentang riset keyword menggunakan semrush yang mungkin dapat berguna untuk anda, monggo di lihat:

By ruzdee

49 thoughts on “Riset keyword dengan semrush”
  1. Semrush ??? wahh kebetulan banget mas, saya lagi riset2 kw via Google Adwords tool, tapi tools kurang memuaskan karena memang saya belum begitu bisa meriset kw :D. di GKT, mungkin semrush salah satu solusi buat saya hehehe… tapi kalau semrush versi free itu limit :(, tapi gak apa2lah buat nubi udah cukup dapet kw2 yang di incar.

    makasih mas ruzdee, di tunggu report Google Webmasternya biar saya bisa oprek juga di webmasternya :),

    Thanks

  2. Ini ceritanya ane Terlalu semangat pas Langganan Smursh.. tapi pas udah kebeli makenya enggak optimal. untung ada yang bikin tutorialnya. skrg ane coba pakai teknik dari agan ruzdee moga moga aja ada peningkatan.

  3. baru digunakan beberapa kali, langsung suruh bayar gaes 🙁 sekarang ini susah gaes, semua serba bayar, cari yang gratisan sudah gak tersedia, kalaupun tersedia pasti terbatas.

    tapi untuk tutorialnya tetap oke deh, insyaallah kalo udah bisa pake yang premium ntar saya coba, mas baik banget mau share ilmunya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *