Keuntungan dari Pembangkit Listrik

Pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik yang sangat efektif. Pembangkitan listrik ini dapat dilakukan melalui dua cara, yakni secara langsung menggunakan fotovoltaik dan bisa juga secara tidak langsung dengan cara pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Pemusatan energi surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor.

Keuntungan kelebihan generator listrik ini salah satunya adalah merupakan energi terbarukan yang tidak pernah habis. Menghemat listrik dalam jangka panjang, mengurangi pemanasan global, bersih dan ramah lingkungan, umur panel surya yang cukup panjang, tidak tergantung dengan PLN dan sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia.

Prinsip Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pembangkit listrik tenaga surya itu konsepnya sederhana. Yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Cahaya matahari merupakan salah satu bentuk energi dari sumber daya alam. Sumber daya alam matahari ini sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang tidak terbatas langsung diambil dari matahari, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan. Bandingkan dengan sebuah generator listrik, ada bagian yang berputar dan memerlukan bahan bakar untuk dapat menghasilkan listrik. Suaranya bising. Selain itu gas buang yang dihasilkan dapat menimbulkan efek gas rumah kaca (greenhouse gas) yang pengaruhnya dapat merusak ekosistem planet bumi kita.

Sistem sel surya yang digunakan di permukaan bumi terdiri dari panel sel surya, rangkaian kontroler pengisian (charge controller), dan aki (batere) 12 volt yang maintenance free. Panel sel surya merupakan modul yang terdiri beberapa sel surya yang digabung dalam hubungkan seri dan paralel tergantung ukuran dan kapasitas yang diperlukan. Yang sering digunakan adalah modul sel surya 20 watt atau 30 watt. Modul sel surya itu menghasilkan energi listrik yang proporsional dengan luas permukaan panel yang terkena sinar matahari.

Related Articles

Facebook Comment

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX598034F575849