Redirect 301 untuk Deindex

Ruzdee.com – Setelah bulan November 2011, saat akun adsense saya kebanned, rasanya males untuk memiliki blog untuk menghasilkan earning lagi, mencoba untuk membangun beberapa blog lagi, hasilnya juga masih jauh dari semula, karena monetize terbatas dari infolinks dan chitika, bahkan yang terakhir infolinks saya dibanned tanpa ada surat pemberitahuan ataupun alasan yang jelas, entah mungkin beberapa bulan saya tidak memasang kode dari infolink. Dan beberapa minggu setelahnya saya dibanned dari Chitika dengan alasan invalid click, walau saat itu saya benar2 murni bermain bersih, tidak menggunakan clickjack sekalipun.

2 bulan ini saya mencoba untuk membangun blog kembali, namun tanggal 21 juli kemarin blog saya terkena deindex atau index di google 0 (nol). Pertama saya bingung, kenapa masih ada deindex juga, karena menurut saya kualitas jauh lebih baik, kontent original, bahkan tanpa backlink, tanpa stt2, tanpa tags. Murni hanya mengandalkan index dari postingan dan category saja.

Akhirnya seperti yang biasa saya gunakan untuk mengatasi masalah deindex adalah redirect 301, bagaimana caranya? Saya membeli domain baru, kemudian saya pindahkan semua database ke domain baru tersebut, dan domain lama saya redirect 301 ke domain baru.

Redirect 301 adalah redirect permanent, bisa dari cpanel atau dari registar

 

Dengan riset keyword yang kemaren saya bahas: Riset keyword dengan semrush & Mencuri Keyword dengan semrush. Yak hanya mengandalkan dari postingan semata, tanpa backlink, tanpa stt2. Dan tak lupa saya masukkan kedalam webmaster, untuk memantau apakah ada yang salah.

Dan saya sedikit curhat dengan teman saya yang mahir masalah themes wordpress, setelah dia meniliti, ternyata ada kesalah fatal saya yang terletak di themes yang saya gunakan. Yaitu double penulisan meta description, dari meta description bawaan dari themes dan meta description dari settingan plugin Platinum SEO Pack yang saya gunakan, dan ternyata yang digunakan adalah meta dari themesnya.

Akhirnya saya hapus code meta description bawaan themeslah yang saya hapus:

<meta name=”description” content=”<?php bloginfo(‘name’); ?> – <?php bloginfo(‘description’); ?>” />

 

Walau saya dengar dulu bahwa penggunaan meta ini sudah useless oleh google, namun saya praktekkan, dalam waktu kurang dari 1 bulan, index saya sudah kembali dan trafik juga sudah kembali bahkan bisa lebih. Semoga hasil trial ini tidak terkena deindex lagi, bila nantinya terkena deindex lagi, maka akan saya coba trial cara yang baru. Karena tidak ada cara baku untuk menghalau deindex dan panda pingun google.

Berikut hasil trial saya setelah melakukan cara diatas:

disclaimer: Hasil ini hanya trial pribadi semata, tidak menjadi tolak ukur bahwa dapat menjadi semua orang berhasil.

Related Articles

Facebook Comment

8 Comments

  1. r3endhat

    Mas Rusdi, cara menghapusnya gmn? itu ada di file apa?
    thx.

    • ruzdee

      kalo kode diatas biasanya ada di header.php

  2. harry

    wah mantab ini 😀
    oh ia mas kalo webku indeknya tetep aja naik dikit turun lagi begitu seterusnya itu karena apa ya? 😀

    • ruzdee

      blog ini juga…. kadang naik, kadang turun, kadang stabil…
      itu katanya google lagi memberbarui indexnya…. misal kemaren 4000 index… ternyata ada duplikat… dihapus sebagian tinggal 300 aja…. setahu saya begitu… mungkin ada pendapat yang lain monggo 😀

      • harry

        oo begitu ya, makasih banyak mas 🙂

  3. zam2

    saya punya masalah yang sama, tapi meta description ganda itu dari plugin platinum seo dua duanya, gi mana ya gan minta bantuanya?

    • ruzdee

      matikan salah satu atau hapus salah satunya…. 🙂

  4. Erna

    I read a lot of interesting content here. Probably you spend a lot of
    time writing, i know how to save you a lot of time, there is an online tool that
    creates high quality, google friendly articles
    in seconds, just search in google – laranitas free content source

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX598034F575849