Namecheap

Cara mengeluarkan Semut yang masuk dalam telinga

Ruzdee.com -  Cara mengeluarkan Semut yang masuk dalam telinga ini mungkin menjadi artikel yang bermanfaat buat saya sendiri atau buat banyak orang, karena kemaren (29/10/2012) kejadian menjengkelkan ini menimpa saya. Hal simple yang membuat saya takut, kenapa takut? saya pernah membaca tentang seorang anak meninggal karena kemasukkan semut dari kupinnya hingga masuk ke otak, disini.

Kejadian bermula ketekia saya selesai mandi, membersihkan diri dengan handuk kering yang saya jemur, beberapa saat kemudia badan saya terasa gatal semua, ternyata handuk yang saya pakai sudah banyak sekali semua hitam kecil, saya bersihkan semua semut yang menempel di tubuh saya, dan ternyata ada 1 semut yang masuk ke dalam telinga saya, karena merasa risih saya masukkan sedikit air dan berharap semut itu bisa ikut keluar, ternyata semakin sakit, saya coba keluarkan dengan cutton bud tetap sakit dan tidak ada semut yang keluar.

Karena ketakutan saya bila semut mungkin bisa masuk ke otak saya, akhirnya saya ke dokter THT, namun sialnya dokter spesialis THT tidak ada, dan diganti dengan dokter jaga dari UGD, setelah masuk keruangan THT, telinga saya diteteskan minyak goreng dingin kemudian disedot dengan vakum, karena merasa masih seperti digigit lagi, diteteskan cairan peroksida atau apalah kemaren dan divakum lagi, baru setelah itu sakitnya sudah tidak terasa.

Mungkin karena saat saya kemasukkan semut sehingga saya tidak sempat searching dahulu bagaimana penanganannya, ternyata:

mengeluarkan semut yang masuk kedalam telingga dengan menggunakan air adalah salah, karena semut akan merasa terdesak akhirnya menggigit, tindakan pertama adalah coba arahkan telinga anda ke arah cahaya, karena semut mencari sumber cahaya, atau bisa menggunakan minyak goreng dingin (jangan yang mendidih) karena semuat dapat terjebak/menempel didinding telingan setelah itu baru datang ke dokter THT untuk divakum apabila masih ada sisa minyak dan semut belum keluar bersama minyak.

Sedikit tambahan, kemaren sempet sata bertanya kepada dokter yang membersihkan telinga saya, semut atau seranggal lain yang masuk ke telinga tidak akan masuk kedalam otak atau bagian kepala lain selama gendang telingan tidak pecah atau robek, jadi selama gendang telingan sehat, tidak akan jadi masalah, dan kemaren telinga saya sedikit luka karena saya teteskan air, dan semutnya merasa terancam akhirnya menggigit dinding telinga saya.

Semoga tips sederhana ini dapat bermanfaat untuk anda.

SUBSCRIBE VIA RSS Feed OR RSS READ 41483 TIMES
Related Post

Facebook Comment

18 responses to “Cara mengeluarkan Semut yang masuk dalam telinga”

  1. Hanna

    simple sekali…
    ambil senter, dan arahkan ke telinga. semut akan keluar sendiri, karena semut mencari sumber cahaya. dia juga kebingungan tidak tahu bagaimana dia bisa keluar dari telinga, yang bagi dia telinga kita itu ibarat gua yang gelap.
    tidak makan waktu lama…tidak sakit juga, hanya sedikit geliiii karena si semut yang kecil itu jalan2 di telinga kita

    1. andi

      betul mending cari senter cepat,soalnya semutnya tdk bawa senter,jadinya salah masuk

  2. Maria hastini

    Mlm tadi 15 mei 2013, semut masuk telinga saya. Tips saya cuma tahan nafas nutup hidung dan telinga yg berlawanan dengan telinga yg di masukin semut. Insya allah semut nya keluar

  3. Rafael Wilfredo

    Kalau semut masuk ke telinga, kan rasanya sedikit geli tapi ganggu banget tapi klo smpe bisa masuk ke otak, bisa menyebabkan kematian. Yang mau saya tanyakan adalah jika semut sudah masuk otak, orang itu akan meninggal berapa lama sesudah semut itu masuk ke otak?

  4. oji

    Sy pernah nyoba dgn cara menutup telinga yg kemasukan semut, kmudian bbrp saat dibuka lg dan semutnya keluar, dugaan sy mungkin krn saat ditutup oksigen berkurang dan semut mencari sumber oksigen, ktika dibuka oksigen masuk dan semut berjalan ke arah masuknya oksigen, dan keluar deh dri telinga :)
    *sy lbh spakat dgn cara disenter* :)

  5. Dede Zohari

    Tidak mungkin semut masuk otak melalui telinga, kecuali semut bisa melalui syaraf atau bertransformasi menjadi signal listrik….hehe

  6. ade sunandar

    kalau pengalaman saya di tetes air tp langsung di miringkan sehinga air keluar bersama semutnya, pengalaman saya seperti itu

  7. Jual Gamis Batik

    makasih tipsnya :)

  8. Jual Gamis Batik

    Sebenarnya dalam telinga kita itu beracun, dan akan membuat mati binatang 2 kecil yang masuk.. jd klopun ada semut yang masuk kemudian dibiarkan juga akan mati sendiri nantinya :)

    1. pascafadlyhalim

      : saya pernah mengalami pak… sakit sekali rasanya.seperti ada yang menekan di dalam telinga (bukan digigit).. jadi, kecil kemungkinan jika harus dibiarkan.. :D Pakai senter / minyak makan, rasanya juga tidak mengeluarkan biaya… jd, tidak perlu sampai dibiarkan….

  9. febrian
  10. abdul rosyid

    Saya sharing pengalaman saya nih, semoga bermanfaat karena alhamdulillah berhasil. saya sudah 2x pernah mengalami dimasuki semut +1x barusan, alhamdulillah cara mengatasi benar.
    untuk yang 2x saya simpulkan mungkin perlu diarahkan ke lampu (karena waktu itu malam) memang sekitar 2 menit kelua
    dan beberapa saat yang lalu saya kemasukan lagi dari pagi (subuh) s/d jam 7 belum keluar, diam lama lalu terasa lagi.
    saya arahkan ke arah cahaya terang diluar (siang hari) tidak juga keluar, lalu saya berpikir mungkin kalau diberi gula di daun telinga keluar karena ada bau gula. Satu menit dari itu saya berpikir untuk mencari digoogle, saya sudah membuka artikel belum membaca ternyata memang keluar -+3 menit. Saya tidak menjamin apakah ini betul atau kebetulan pas semutnya mau keluar, tapi inilah pengalaman saya.

  11. lukung

    saya merasakan ngilu di dalam telinga,
    apakah itu ad semut nya atau penyebab binatang lain yg masuk,
    waktu bangun tidur,
    sayang langsung merasakan ngilu pada dlm telingga,

  12. pulsa murah

    trimakasih bos semmutnya berhasil keluar

  13. hamzah

    sangat bermanfaat….

  14. Yoeki

    Barusan udah nyoba
    alhamdulillah semut nya bisa keluar
    terimakasih ya pak atas tips nya

  15. Lilis

    Aq carax gini,bagian blkg telinga di kasih minyak kayu putih,trus tidura di kasur sama di kenain cahaya matahari,tapi belum bisa keluar,gimana nih ? aku takut banget

  16. Maharani orlin

    misalnya klo ada telinga kemasukkan nyamuk, trus nyamuknya berusaha utk keluar dengan menggunakan sayapnya, tp sayap nyamuknya terjebak karena congek, dan itu bikin telinga bergetar getar, itu gimana ya cara ngeluarin nyamuknya?

Leave a Reply