Badai Google EMD (exact match domains)

google exact-match domain (EMD)

Ruzdee.com – Google exact-match domain (EMD) menjadi isu hangat di timeline dan di forum 2 hari ini, apa sebetulnya google exact-match domain atau EMD itu? semacam perampingan database google kalau bahasa ilmiahnya atau penghapusan beberapa index yang dinyatakan low quality.

Matt Cutts sendiri berkicau di twitter bahwa efeknya hanya 0.6% dari hasil pencarian, dan tidak berhubungan dengan Panda atau Pinguin sendiri. Namun badai EMD ini efeknya melebihi Panda atau Pinguin sendiri kalau saya rasakan.

Setelah EMD dijalankan, ada salah satu blog saya yang trafiknya turun drastis, tidak seperi weekends biasanya yang turun hanya 10-20%, namun kemarin hanya disisakan 50% saja, dan hari ini pun mungkin akan disisakan 30-40% saja.

Ya, entah besok akankah turun lagi atau berbalik untuk kembali norma. Jadi bila blog saya kena EMD, apakah blog saya termasuk low quality? Bila saya yang berpendapat, blog saya sebetulnya high quality, bukan blog auto melainkan blog manual yang good grammar. Namun kembali lagi ke peribahasa kuno: “Hanya Tuhan dan Google yang tahu alasannya”.

Disisi lain, ada blog saya yang naik disaat badai EMD ini dijalankan, padahal dari segi kualitas, semua blog saya sama kualitasnya, namun ada yang turun adapula yang naek. Semoga badai ini hanya semetara dan dapat kembali normal lagi.

Bila ada yang bertanya, adakah cara atau tips untuk menghindari badai EMD, saya jawab tidak ada! karena saya punya beberapa blog yang secara kualitas sama, ada yang naik dan ada yang turun, jadi saya sendiri tidak tahu apa kriteria untuk menentukan apakah blog itu high quality.

Tambahan: Karena ini exact mact domain atau istilah awamnya KOD(keyword on domain), blog saya hampir semua keyword on domain, dan semua tanpa backlink, tanpa stt2, tanpa seo alrp, tanpa index tags, namun tetap ada yang kena, ada pula yang naik, yang membedakan dengan panda pinguin adalah, penggunaan keyword pada domain yang dinilai low quality.

Related Articles

Facebook Comment

9 Comments

  1. Putra Eka

    Kemaren saya bingung ko blog yang barusan trafiknya naek sehari setelahnya langsung turun drastis. Kirain dance biasa, ternyata ini toh penyebabnya

  2. ovan

    sempat pusing 23 keliling… ngeliat stats.

    waktu nge-chek rangking url…. ratusan url tertendang nggak tau kemana dan cuman nyisain 2-5 url yg di posisi page 1.

    tanya sono sini ternyata semua mengalami hal yang sama dan ini rupanya penyebabnya.

    semoga segera kembali naik 🙂

  3. hany

    hem… pantes menurun drastis ya,..kira2 badai ini berlangsung berapa lama ya?? dan kenapa badai ini diadakan??

  4. ipangrock

    kalo ternyata badai, semoga cepat berlalu.
    blog saya juga banyak yang kena, pokonya selamat bergalau ria dah. T_T

  5. Agus Munawar

    Solusinya, pakai domain yg sudah berumur dan ber-pagerank mas 🙂

  6. whiteinc

    jujur gue bingung, kalo blog nya blog amazon atau sejenisnya yang bisa di moneytiz mungkin sangat berpengaruh. tapi kalo cuma blog personal kenapa harus pusing dengan google ? amd pingun panda emang gue pikirin ?

    ayoo kita nulis buat manusia, buat orang yang membutuhkan, buat orang yang mencari sesuatu sambil menikmati gelas gelas kopi mereka. lupakan google. menulislah buat sesamamu manusia, bukan pula untuk dolar, dolar cuma bonus dari semua jerih payah kita.

    no offen 😀

    • ruzdee

      yap…. yg penting nulis yg bermanfaat aja 😀

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *


IBX598034F575849